SEJARAH DESA TAMAN BARU KECAMATAN SEKOTONG

  • Dec 01, 2021
  • Ahmad Tanwir

Desa Taman Baru merupakan salah satu desa dari 9 ( Sembilan )  Desa yang ada di Kecamatan Sekotong, Desa Taman Baru merupakan desa dengan luas wilayah  2314,59  Ha. Atau 10 Km, yang terdiri dari 9 (Sembilan) Dusun.

Menurut sejarahnya Desa Taman Baru telah ada sejak tahun 2011, dengan cikal bakal berdirinya adalah Lalu Sarapuddin sebagai Kepala Desa Sekotong Tengah Saat itu,  Sebagai Pejabat Sementara yang di Tunjuk dari kecamatan Sekotong  Bapak Suhamdi S.Ip dengan SK Nomor: 86/40/BPMPD/2011 tertanggal 02 Februari 2011. bersama dengan tokoh-tokoh masyarakat Tokoh Agama dan toloh Pemuda pada  masa itu yakni Padillah, H. Suparman, Cahyadi, H. Mawardi, Abdul Manan, Muhtar, H. Ihsan Ismail, Faesal, Lalu Agus Purnawarman, S. Pd, Ust. Sahwan Hafiz.

Desa Taman Baru sebelum menjadi sebuah desa merupakan kumpulan dusun-dusun yang ada diwilayah Desa Sekotong Tengah bagian Selatan kecamatan Sekotong, pada  tahun 2011  diinisiatifkan untuk dimekarkan menjadi desa persiapan Taman Sari dan pada tanggal 3 Mei tahun 2011 diresmikan menjadi Desa Persiapan Oleh Bupati Lombok Barat Bapak DR. H. Zaini Arony, M.Pd selaku Bupati Lombok Barat. Desa Taman Baru sebelum berubah nama bernama Desa Taman Sari karena ada Desa yang sama nama Desanya dengan Desa Taman Sari ( Kecamatan Gunung Sari )di kabupaten Lombok Barat maka Desa Taman Sari (Kecamatan Sekotong) di rubah menjadi  Desa Taman Baru atas dasar instuksi dari Pemerintah Kabupaten, DPRD dan tokoh-tokoh pejuang pemekaran desa.

Nama Desa Taman Baru diambil dari bahasa Indonesia yang berasal dari kata  “TAMAN“ yang berarti  “ARENA“  atau lebih luasnya berarti tempat yang ditanami bunga-bunga yang indah untuk sebagai tempat bersenang ria atau Ruangan tempat belajar dan beredukasi. Dan kata BARU yang berarti sesuatu yang baru terbentuk/Selalu berinovasi/kreatif dan selalu menjadi awal penemu kebijakan dalam membangun Desa Maju ( Pemerintahan Baru ).

Sejak terbentuknya, Desa Taman Baru terdiri dari 9 (Sembilan) dusun atau Wilayah yaitu:  

  1. Dusun Gelumpang dijabat oleh Bapak Ramli
  2. Dusun Kelep Barat dijabat oleh Bapak Muhtar
  3. Dusun Taman Sejati dijabat oleh Bapak Merdi
  4. Dusun Kelep Tengah Permai dijabat oleh Bapak Muhanir, S. Pdi
  5. Dusun Repok Gapok dijabat oleh Bapak Padillah
  6. Dusun Orong Sandat dijabat oleh Bapak Mahyudin
  7. Dusun Batu Putih dijabat oleh H. Ihasan Ismail
  8. Dusun Timbal dijabat oleh Bapak Napisah
  9. Dusun Pemegatan dijabat oleh H. Mawardi

Semenjak menjadi Desa Persiapan Taman Baru dijabat sebagai Kepala Desa Sementara yaitu Bapak SUHAMDI, S. IP. Pada tanggal 02 Februari 2011 dengan Kepurusan Bupati Lombok Barat Nomor : 86/40/BPMPD/2011 Desa Persiapan Taman Baru di Resmikan menjadi Desa Difinitif Oleh Bupati Lombok Barat melalui SK Bupati Lombok Barat Nomor……………tentang pemekaran Desa Pada tanggal 4 Juli 2012. Desa Taman Baru telah mengadakan Pemilihan Kepala Desa untuk yang pertama kalinya dengan Calon Kepala Desa  sebanyak 4 (Empat) yakni dengan Nomor Urut 01 PADILLAH, 02 FAESAL, 03 H. IHSAN ISMAIL, 04 MUHSININ, sengkan pada pesta demokrasi pemilihan kepala desa masa itu terpilih bapak PADILLAH dengan nomor 01 sebagai kepala Desa Taman Baru yang pertama dan dilantik pada tanggal  28 Januari 2014 dengan Keputusan Bupati Lombok Barat Nomor 132/008/BPMPD/2014 tertandatangani oleh Bapak Dr. H. Zaini Arony, M.Pd.